PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERTEMA CUACA MENGGUNAKAN METODE FOUR STEPS TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT
Nur Inayah Syar(1*), Nadya Meriza(2)
(1) IAIN Palangka Raya
(2) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 2565 | PDF downloaded : 541
Abstract
The teaching and learning process is built on three interaction aspects such as the interaction among the teachers, students, and learning sources. To ease this process, the teacher can make their own teaching material that will be used in learning process. This research aims to develop weather theme students’ book by using Four Steps Teaching Material Development (4STMD) method. The research method used was Research and Development (R&D). This students’ book consists of 5 sub-themes such as substance characteristics, interaction of organisms and their environment, temperature and heat, pollution and global warming. This book was developed by using 4STMD method through four stages such as selection, structurization, characterization, and didactic reduction. The feasibility test results show that the student book has complete material based on basic competencies and indicators, has accurate, actual and integrated material. Besides the student’s book that was developed also has aspects of legibility, language rules and language logic that is appropriate, presented attractively and has a layout and design that is feasible to be used. Overall the students’ perception on the usage and result of this students’ book development is positive.
ABSTRAK
Proses belajar mengajar dibangun oleh tiga aspek interaksi. Interaksi tersebut adalah interaksi antara pendidik, peserta didik dan sumber belajar. Untuk memudahkan proses tersebut, guru dapat membuat sendiri bahan ajar (buku) yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku siswa bertema Cuaca dengan metode Four Steps Teaching Material Development (4STMD) dan menganalisis kelayakan serta persepsi siswa terhadap buku siswa yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Buku siswa ini terbagi atas 5 sub tema yaitu karakteristik zat, interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, suhu dan kalor, pencemaran dan pemanasan global. Buku ini dikembangkan dengan metode 4STMD melalui empat tahap, yaitu seleksi, strukturisasi, karakterisasi dan reduksi didaktik. Hasil Uji Kelayakan menggambarkan bahwa buku siswa memiliki cakupan materi yang lengkap berdasarkan Kompetensi Dasar dan indikator, memiliki materi akurat, mutakhir serta terpadu. Selain itu buku dikembangkan juga memiliki aspek keterbacaan, kaidah bahasa dan logika bahasa yang baik, disajikan dengan menarik dan memiliki tata letak serta desain yang layak digunakan. Adapun persepsi siswa terhadap penggunaan dan hasil pengembangan buku siswa, secara keseluruhan bernilai positif.
Keywords
References
Ainswoth, S., 1999. The fuction of Multirepresentation. Computers & Education 33, 131–152. https://doi.org/10.1016/S0360-1315(99)00029-9
Angko, N., Mustaji, FN, 2017. Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Addie Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 1, 1–15. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15
Anwar, K., 2015. Pengembangan bahan ajar IPA terpadu dengan tema Pemanasan Global melalui Four Steps Teaching Material Development. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Anwar, K., 2013. Laporan Analisis Buku Teks IPA Guru dan Siswa Pada Penerapan Kurikulum 2013. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Anwar, S., 2014. Pengolahan Bahan Ajar. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Arifin, 2015. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Pada Tema Udara Berbasis Nilai Religius Menggunakan 4 Steps Teaching Material Development (masters). Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/22351/10/T_IPA_1302513_Appendix.pdf
Arisanti, L.N., Wirta, I.M., Sutarno, E., 2015. Deskripsi Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping): Upaya Pengembangan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha 2.
Ashri, N., Hasanah, L., 2016. Uji Keterpahaman dan Kelayakan Bahan Ajar IPA Terpadu. Jurnal Edusains UIN Syarif Hidayatullah 8, 145–149. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.1818
Fitriani, F., Mahmud, M., Darmana, A., 2016. Pengembangan dan Standarisasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Spiritual Untuk Kelas XI SMA/MA Semester 1 Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN KIMIA 8, 12–18. https://doi.org/10.24114/jpkim.v8i1.4420
Fogarty, R., 1991. The Mindful School: How to Integrated The Curricula. IRI/Skylight Publishing, Inc.: Yhe United States of America.
Gunel, M., Hand, B., Gunduz, S., 2006. Comparing Student Understanding of Quantum Physics When Embedding Multimodal Representations Into Two Different Writing Formats: Presentation Format Versus Summary Report Format. Science Education 90, 1092–1112.
Hamidah, Q.G., Fadhilah, S.S., Adi, B.W., 2018. The Development of Thematic Integrative Based Learning Material for Fifth Grade Elementary School. International Journal of Educational Research Review 4, 8–14. https://doi.org/10.24331/ijere.460596
Hamidah, R., 2017. Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Detik K-13. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 5, 39–50. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n1.p39--50
Harahap, J., Sari, N., Pane, S.A.-Y., Nuraini, N., 2019. Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Kimia Kelas XII Semeter II Berdasarkan BSNP Sesuai Kurikulum 2013: Talenta Conference Series: Science and Technology (ST) 2, 194–198. https://doi.org/10.32734/st.v2i1.341
Hasyim, A., 2015. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Laut untuk Siswa SMP melalui Four Steps Teaching Material Development (masters). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Hendri, S., Setiawan, W., 2016. The Development of Earth Quake Teaching Material For Junior High School By Four Step Teaching Materials Development Method. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 12, 65–76. https://doi.org/10.15294/ jpfi.v12i1.3782
Herlanti, Y., 2008. Strategi Pengolahan Bahan Ajar IPA (Hasil Kajian Terhadap Teori Reduksi Didaktis dan Pedagogi Materi Subyek). Edusains 1(1) 26–38.
Hidayat, F., 2017. Analisis Kelayakan Buku Teks Pelajaran IPA Untuk SMP di Kota Bandung Berdasarkan Kriteria BSNP (masters). Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/28160/10/T_IPA_1302305_Appendix.pdf
Indrawini, T., Amirudin, A., Widiati, U., 2017. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik Untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna Bagi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Istiqamah, I., 2019. Validitas Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMA di Banjarmasin. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8, 117–124.
Kementerian Pendidikan Nasional, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.
Kimianti, F., Prasetyo, Z.K., 2019. Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 7, 91–103. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Kurniawan, D., 2011. Pembelajaran Terpadu. Pustaka Cendekia Utama, Bandung.
Lawshe, C.H., 1975. A Quantitative Approach to Content Validity1. Personnel Psychology 28, 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x
Lestari, I., 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang.
Meriza, N., Sinaga, P., Syar, N.I., 2019. Pengembangan Bahan Ajar Gerak Benda Angkasa Menggunakan Four Steps Teaching Material Development. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah 7, 49–56.
Mulyati, Y., 2003. Kecepatan Efektif Membaca: Apa, Mengapa, dan Bagaimana (Diktat). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Muslich, M., 2010. Text Book Writing. Ar-Ruzz Media, Jakarta.
Nicholson, S., 2005. Cuaca. Erlangga, Jakarta.
Noeraida, 2015. Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Integrated dalam Pembelajaran Tema Sinar Matahari dan Kehidupan di Bumi untuk Mneingkatkan Literasi Sains Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Novak, J.D., Canas, A.J., 2008. The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct and Use Them (Tchnical Report). Florida.
Nurlaili, 2011. Pengukuran Tingkat Keterbacaan Wacana dalam LKS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4-6 SD dan Keterpahamannya. Jurnal UPI Edu Special Edition, 167–177.
Permatasari, A.D., Anwas, E.O.M., 2019. Analisis Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam KELAS VII. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 7, 156–169. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p156--169
Prastiyanto, E., 2018. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Tanah Sebagai Sumber Kehidupan Berorientasi Literasi Sains dengan Pendekatan SETS menggunakan 4STMD. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Pratiwi, T.R., Muslim, 2015. Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Konsep Perubahan untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa SMP, in: Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Presented at the SNIPS, Bandung.
Siregar, N., 1994. Buku Panduan Analisis dan Penulisan Buku Teks MIPA untuk Pengembangan Keterampilan Intelektual Mahasiswa. Tim Penelitian dan Pengembangan FMIPA IKIP Bandung, Bandung.
Sukardi, Rendi R., 2014. Laporan Analisis Buku Teks IPA Guru dan Siswa Pada Penerapan Kurikulum 2013. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Syar, N.I., Hamidah, I., 2015. Studi Literasi Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Tema Cuaca Menggunakan 4 Steps Teaching Material Development (4S TMD), in: Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Bandung.
Tim Penyusun, 2010. Laporan Badan Standar Nasional pendidikan. BSNP, Jakarta.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Utami, B., 2008. Pengaruh Strategi Peta Konsep Dan Diagram Vee Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga yang Diukur dengan Authentic Assessment. Universitas Negeri Malang, Malang.
Vanides, J., Yin, Y., Tomita, M., Ruiz-Primo, M., 2005. Using Concept Maps in the Science Classroom. Science Scope 28.
Wahab, J., 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Bacaan Melalui Investigasi Kelompok (Group Investigation). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Wahidah, G.J.N., Anwar, S., 2016. Pengembangan Bahan Ajar IPA SMPpada Tema Energi dalam Tubuh Menggunakan Metode 4STMD. EDUSAINS 8, 166–175. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.2039
Waldrip, B., Prain, V., Carolan, J., 2006. Learning junior secondary science through multi-modal representations. Electronic Journal of Science Education Preview Publication for Electronic Journal of Science Education 11.
Wilson, F., Pan, W., Schumsky, D., 2012. Recalculation of the Critical Values for Lawshe’s Content Validity Ratio. Measurement and Evaluation in Counseling and Development 45, 197–210. https://doi.org/10.1177/0748175612440286
Refbacks
Copyright (c) 2020 Nur Inayah Syar, Nadya Meriza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id