PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Ulfin Nadiroh Yustika(1*), Indah Wahyuni(2)
(1) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1222 | PDF downloaded : 192
Abstract
The purpose of this research is to find out the validity, practicality and effectiveness of the E-LKPD with characteristics that will help class X students improve their logical thinking skills. In this study, a sample of 30 students was taken from class X at SMAN Tamanan Bondowoso. The method used in this study is Research and Development using the ADDIE model. Data collection techniques used are tests, interviews and observation. The results of the expert validation obtained an overall average percentage value of 80.55% which indicated that it was very valid or feasible to use. The practicality results obtained from the analysis of the student questionnaire obtained a percentage of 82.8% which indicates a very practical category to use. The results of the effectiveness analysis were obtained from the Pretest and Posttest scores with the Wilcoxon Test so that it is known that the sig data is 0.000. Because the value is 0.000 <0.05, it can be concluded that there is an influence on the use of problem-based E-LKPD to improve the ability to think logically and mathematically in high school students. Then the N-Gain Score test was carried out in the mean section obtaining a value of 71.17 which indicates 55-75, so the category obtained is high which means effective airtight.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari E-LKPD dengan karakteristik yang akan membantu siswa kelas X meningkatkan kemampuan berpikir logisnya. Dalam penelitian ini diambil sampel kelas X dengan jumlah 30 siswa di SMAN Tamanan Bondowoso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes, wawancara dan observasi. Hasil validasi ahli memperoleh nilai presentase rata-rata keseluruhan sebesar 80.55% yang menunjukkan sangat valid atau layak digunakan. Hasil kepraktisan yang didapatkan dari analisis angket siswa yang memperoleh presentase 82.8% yang menunjukkan kategori sangat praktis untuk digunakan. Hasil analisis kefektifan diperoleh dari Nilai Pretest dan Posttest dengan Uji Wilcoxon sehingga diketahui data sig bernilai 0,000. Karena Nilai 0,000<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa aidai pengairuh penggunaiain E-Lkpd berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematika pada siswa sekolah menengah atas. Lalu dilakukan uji N-Gain Score pada bagian mean memperoleh nilaii 71.17 yang menunjukkan 55-75, sehinggai ketegori yaing diperoleh yaiitu tinggi yaing airtinyai efektif.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Degeng, N.S. 2007. Ilmu Pembelajaran (Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian). Bandung : Arasmedia.
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Lampung : Universitas Lampung:
Hidayanti, Dwi, As’ari, A. R., dan Tjang Daniel Candra. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Peserta didik SMA Kelas X.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1, no. 4 (2016): 634–49.
Janssen, E. M., Meulendijks, W., Mainhard, T., Verkoeijen, P. P. J. L., Heijltjes, A. E. G., Van Peppen, L. M., & Van Gog, T. (2019). Identifying characteristics associated with higher education teachers’ Cognitive Reflection Test performance and their attitudes towards teaching critical thinking. Teaching and Teacher Education, 84, 139–149.
Januszewski, A. and Molenda, M. (2008). Technology: A Definition With Commentary (New York: Lawrence Erlbaum Associates)
Munafi’ah, B., Utomo, S. W., & Astuti, E. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XII AKL SMKN X Madiun (Vol. 09, pp. 52–69).
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.
Rochmad. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.” Jurnal Kreano 3, no. 1 (2012).
Sari, Ayu Ulan. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Web Dengan Pendekatan Etnomatika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar.” Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2016.
Slavin, R. . (2010). Kooperatif Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media.
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem based learning dalam implementasi kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260.
Sugiyono. 2011. Pemanfaatan Buku Teks Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV. Remaja Karya.
Tasdelen, Ugur, dan Fitnat Koseoglu. “Learner-Friendly Textbooks: Chemistry Texts Based On a Contructivist View of Learning.” Education Research Institute 9, no. 2 (2008): 136–147.
Wahana Didaktika Vol. 16 No.2 Mei 2018 : 207
Wahyuni, I. (2020). Matematika Rekreasi.
Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6 Issue 6.
Wahyuni, I., & Alfiana, E. (2022). Analisis Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Fungsi Komposisi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika,Vol.8 No 1, 40.
Widiyanto, Ahlis, M.J. Ni’am, dan E.Y. Nurcandra. 2008. Lembar
Kerja Siswa (LKS) Matematika Interaktif Model E-Learning. http://ahliwiwite.files.wordpress.com
Yulia, Sri, Buyung, dan Relawati. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Di Kelas X SMA Negeri 22 Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 1 (2018): 61–70.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ulfin Nadiroh Yustika, Indah Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id