APLIKASI TEORI NEWMAN: : BAGAIMANAKAH KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KEPRIBADIAN DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA?

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p363--382

Suwarno Suwarno(1*), Jamilatus Sholehah(2), Nurcholif Diah Sri Lestari(3)
(1) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(3) Universitas Jember
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 2220 | PDF downloaded : 262

Abstract

Mathematics is a subject in the spotlight because many students think that mathematics is a complex subject. Students find it difficult to solve word problems, so they make mistakes when encountering them. Some factor that influences student errors is students' mathematical abilities and personality types. Therefore, this study aims to describe the mistakes of extrovert and introvert students (as personality types) with high, medium, and low mathematical abilities (as mathematical abilities levels). This study used a descriptive method with a qualitative approach by collecting data using personality-type questionnaires, tests, interviews, and documentation involving three extrovert students with high, medium, and low mathematical abilities and three introvert students with high, medium, and low abilities. The results showed that 1) types of errors made by extrovert students with high mathematical abilities made Comprehension errors, 2) introverted students with high abilities made encoding errors, 3) extrovert students with moderate abilities made process skill errors and encoding errors, 4) introverted students had the ability making transformation error types, process skill errors, and encoding errors, 5) Extrovert students with low abilities make transformation errors, process skill errors, and encoding errors. Also, 6) introverted students with low ability make comprehension, transformation, process skills, and encoding errors.

 

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi sorotan, karena banyak siswa yang berpikir bahwa mata pelajaran matematika ialah mata pelajaran yang sulit. Siswa merasa kesulitan pada saat menyelesaikan soal berbentuk cerita sehingga siswa melakukan kesalahan pada saat menemui soal berbentuk soal cerita. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa adalah kemampuan matematis siswa dan tipe kepribadian siswa yang berbeda. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa extrovert dan introvert berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data menggunakan angket tipe kepribadian, tes, wawancara dan dokumentasi yang melibatkan 3 siswa extrovert berkemampuan matematika tinggi, sedang, rendah, dan 3 siswa introvert berkemampuan Tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa extrovert berkemampuan matematika tinggi melakukan Comprehension error, 2) siswa introvert berkemampuan tinggi melakukan jenis kesalahan encoding error, 3) siswa extrovert berkemampuan sedang melakukan process skill error dan encoding error, 4) siswa introvertberkemampuan sedang melakukan jenis kesalahan transformation error, process skill error dan encoding error, 5) Siswa extrovert berkemampuan rendah melakukan transformation error, process skill error dan encoding error. Serta, 6) siswa introvert berkemampuan rendah melakukan comprehension error, transformation error, process skill error dan encoding error.

Keywords

student error; newman’s theory; personality types; mathematical abilities; kesalahan siswa; teori newman; tipe kepribadian; kemampuan matematis
--

Full Text:

PDF ***

References

Aini, K. N, dkk. (2016). Proses Koneksi Matematika Siswa Berkemampuan Tinggi Dan Rendah Dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3). 377-388.

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105-128.

Ardiyanti, S. A., & Farihah, U. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema pythagoras ditinjau dari pemecahan masalah Polya.

Bahar, E. E,dkk. (2020). Analisis Kemampuan Matematis Dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) Pada Konten Kuantitas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Baharuddin, N. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Newman Kelas X SMA Barrang Lompo. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendididkan Program Studi Pendidikan Matematika.

Benyamin, B, dkk. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922.

Delfita, O., Roza, Y., & Maimunah, M. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Media Pendidikan Matematika, 7(1), (2019). 1-10.

Fatimah, C, dkk.(2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1). 1-6.

Febriana, E. (2015). Profil Kemampuan Spasial Siswa Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimensi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1). https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.78

Fuad, M. K., & Azizah, D. (2023, January). Kesalahan siswa dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Menurut Teori Watson In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 365-372).

Ganik Wahyuningtias dkk. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi (RAINSTEK) Vol. 1, No. 2.

Indriyani, P. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika.

Lestari, N. D. S., Murtafiah, W., Lukitasari, M., Suwarno, S., & Putri, I. W. S. Identifikasi Ragam dan Level Kemampuan Representasi pada Desain Masalah Literasi Matematis dari Mahasiswa Calon Guru. KadikmA, 13(1), (2022). 11-23.

Martiningsih, M. (2013). Peningkatan prestasi belajar himpunan melalui penggunaan portal rumah belajar. Jurnal Teknodik, 562-573.

Masrurotullaily, M., Hobri, H., & Suharto, S. (2013). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika keuangan berdasarkan model polya siswa smk negeri 6 jember. KadikmA, 4(2).

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe higher order thinking skill ditinjau dari gender. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1). 1-16.

Purwanto ,M Ngalim,(1996). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475-2488

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, S., Nusantara, T., Susiswo, S., & Irawati, S. (2022). The decision making strategy of prospective mathematics teachers in improving LOTS to be HOTS problem. International Journal of Nonlinear Analysis and Applications, 13(1), 1613-1627. doi: 10.22075/ijnaa.2022.5776

Utami, Y. P., & Maskar, S. (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Model Asynchronous Pada Siswa Smkn 9 Bandar Lampung Melalui Google Classroom. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1). 12-21.

Wahyuni, E., & Mardicko, A. (2021). Pengaruh Kepribadian Extrovert dan Introvert Terhadap Hasil Belajar Matematis di Kelas V SDN 21 Cindakir Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2188-2193.

Wahyuni, I., & Alfiana, E. (2022). Analisis Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Fungsi Komposisi. INSPIRAMATIKA, 8(1), 39-47.

Widodo, A. N. A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Kemampuan Spasial (Penelitian Dilaksanakan di Kelas IX SMP Negeri 1 Paguyangan Kab. Brebes) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suwarno, Jamilatus Sholehah, Nurcholif Diah Sri Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats