PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL WORDWALL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MATERI OPERASI BILANGAN KELAS VI
Nisriina Amiirah Faatin(1*), Rusnilawati Rusnilawati(2)
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 2975 | PDF downloaded : 696
Abstract
The use of learning media is important in learning, especially in the lecture method. However, this is still not realized by some teachers. As a result, learning mathematics is considered boring by students. To overcome these problems, it is necessary to develop interesting learning media, one of which is Wordwall media. This research aims to know and study the effectiveness of Wordwall-based digital game media in increasing students' motivation and learning outcomes in integer operations material. The research used is Research and Development (R&D) using the 5-stage ADDIE method. According to the media expert's evaluation analysis, the percentage that will be achieved means 89.3 in the very effective category, and the evaluation of the material expert shares that the percentage of results is 98 in the very effective category. Educated students get an average homogeneous score of 90.67 in the very effective category. Thus, it can be concluded that Wordwall-based digital game learning media can increase learning motivation and the level of student learning success in teaching material on integer operations.
Abstrak
Penggunaan media pembelajaran merupakan hal penting dalam pembelajaran, terlebih dalam metode ceramah. Namun, hal tersebut masih belum disadari oleh beberapa guru. Akibatnya, pembelajaran matematika dianggap membosankan oleh peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dikembangkan media pembelajaran yang menarik, salah satunya adalah media Wordwall. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan mempelajari keefektifan media game digital berbasis Wordwall pada peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam materi operasi bilangan bulat. Penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) menggunakan metode ADDIE 5 tahap. sesuai analisis evaluasi pakar media, persentase yang akan terjadi yang dicapai artinya 89,3 pada kategori sangat efektif, serta evaluasi ahli materi membagikan bahwa persentase hasil ialah 98 pada kategori sangat efektif siswa terpelajar memperoleh nilai homogen-rata 90,67 dalam kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan digital berbasis Wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar dan taraf keberhasilan belajar peserta didik dalam materi ajar operasi bilangan bulat.
References
Cintamulya, I. (2012). Peranan Pendidikan Dalam Mempersiapkan Sumber. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 90–101. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/89/87%0A
Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami Di Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01), 1–13. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.330
Handriyanti, E. (2009). Permainan Edukasi (Educational Games) Berbasis Computer untuk Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Tinggi Informatika Dan Komputer.
Inah, E. N. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2).
Lathifaturrohmah, B., & Yunikawati, N. A. (2022). SISWA MENGGUNAKAN ONLINE STUDENT RESPONSE SYSTEM : EKSPERIMEN INCREASING STUDENT ENGAGEMENT USING AN ONLINE. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 89–111.
Latifah, U. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall.net Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jpgsd, 10(6), 1415–1424.
Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Maulidiyah, I. (2022). EFEKTIVITAS APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 75–88.
Nugraha, M. F., Hendrwawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., & Dkk. (2020). PENGANTAR PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR (E. F. F. Khomaeny (ed.)). Edu Publisher.
Pratiwi, S. A., Purnama, E. K., & Bramastia. (2022). INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI DAERAH 3T PADA MASA PANDEMI COVID-19. 07(02), 131–147.
Prensky, M. (2012). From Digital Native To Digital Wisdom.
Rianto, R., Atiq, A., & Haetami, M. (2011). Tingkat Pembelajaran Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Sepak Bola Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41636
Sentani, A. D., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). Implementasi Game Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. JPTIV (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional ), 4(1), 1–8.
Susanto, R., Agustina, N., Rozali, Y. A., & Rachbini, W. (2021). Profil kompetensi pedagogik: gender sebuah peran kunci. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(2), 189. https://doi.org/10.29210/164300
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nisriina Amiirah Faatin, Rusnilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id