LEARNING MANAGEMENT IN THE COVID-19 PANDEMIC BASED ON BLENDED LEARNING ON EDUCATION MANAGEMENT STUDENTS UNIVERSITY OF CENDERAWASIH JAYAPURA
Tanta Tanta(1), Martza Merry Swastikasari(2*)
(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1374 | PDF downloaded : 141
Abstract
Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) as a technology-based learning model, has been widely used by most educational institutions in maximizing learning systems. However, unlike the case with Cenderawasih University in Jayapura city, PBBL is still considered new, because the infrastructure systems are not optimal. Based on the preliminary studies that have been carried out, there are indications of student discomfort in carrying out PBBL. The purpose of this study was to find out how the implementation of PBBL management during the Covid-19 pandemic and provide recommendations for good and appropriate PBBL models, so that in the future this model can be applied to the learning system at Cenderawasih University in order to improve the quality of learning. The research subjects were students of the Bachelor of Education Management study program at Cenderawasih University, Jayapura using a qualitative approach with data collection techniques in the form of triangulation which was a combination of interviews with 3 teachers/lecturers as research subjects, observations on the media and lecture facilities and documentation in the form of learning outcomes. As a result of the research, the Education Management Undergraduate Study Program has not implemented PBBL management properly and appropriately, so the authors provide recommendations for a PBBL management model based on previous studies and several literature books related to Blended Learning, which are adapted to the implementation of the system. learning at Cenderawasih University.
Abstrak
Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) sebagai model pembelajaran yang berbasis teknologi, telah banyak digunakan oleh sebagian besar institusi pendidikan dalam memaksimalkan sistem pembelajaran. Namun berbeda halnya dengan Universitas Cenderawasih di kota Jayapura, PBBL masih dianggap baru, dikarenakan sistem sarana prasarana yang belum maksimal. Berdasarkan pada studi pendahuluan yang telah dilakukan, terdapat indikasi ketidaknyamanan mahasiswa dalam menjalankan PBBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen PBBL di masa pandemi Covid-19 dan memberikan rekomendasi model PBBL yang baik dan sesuai, sehingga kedepannya model ini dapat diaplikasikan pada sistem pembelajaran di Universitas Cenderawasih dalam rangka peningkatan kualitas belajar. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi S1 Manajemen Pendidikan Universitas Cenderawasih Jayapura dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi yang merupakan gabungan dari wawancara kepada 3 orang pengajar/dosen sebagai subjek penelitian, observasi pada media dan fasilitas perkuliahan dan dokumentasi berupa nilai hasil belajar. Sebagai hasil penelitian, Program Studi S1 Manajemen Pendidikan belum menerapkan manajemen PBBL dengan baik dan sesuai, sehingga penulis memberikan rekomendasi model manajemen PBBL yang didasarkan pada penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dan beberapa buku literature yang terkait dengan Blended Learning, dimana disesuaikan dengan penerapan sistem pembelajaran di Universitas Cenderawasih.
Keywords
References
Aditia, A. (2021). Covid-19 : Epidemiologi, Virologi, Penularan, Gejala Klinis, Diagnosa, Tatalaksana, Faktor Risiko Dan Pencegahan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP%0ACOVID-19
Aditia, A. (2021). Covid-19 : Epidemiologi, Virologi, Penularan, Gejala Klinis, Diagnosa, Tatalaksana, Faktor Risiko Dan Pencegahan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP%0ACOVID-19
Adri, F. M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19 berbasis blended learning. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 110. https://doi.org/10.29210/3003875000
Aminah, andi N. (n.d.). Baru 25 Persen Bantuan Kuota Internet Dipakai Siswa Papua | Republika Online. Retrieved June 10, 2022, from https://www.republika.co.id/berita/qk0qdk384/baru-25-persen-bantuan-kuota-internet-dipakai-siswa-papua
Chaeruman, U. A. (2018). Panduan Memilih dan Menentukan Setting Belajar Dalam Merancang Pembelajaran Blended. Program Studi Teknologi Pendidikan, 10.
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).
Dwiyogo, W. D. (2018). KONSEP BLENDED LEARNING. In PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING (p. 60). RajaGrafindo Persada.
Fahlefi, W. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Di Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 12(3), 352–371.
Fallis, A. . (2013). Studi Pendahuluan dalam Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
GTK, S. (2020). Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi
Humaniora. (n.d.). Materi Blended Learning dengan Model Station Rotation di Sekolah Binaan - Kompasiana.com. Retrieved June 17, 2022, from https://www.kompasiana.com/aliva/59744c90ed967e554a023632/blended-learning-model-station-rotation
Humas UPI. (n.d.). Google Classroom Salah Satu LMS Terfavorit di Masa Pandemi – BERITA UPI. Retrieved June 16, 2022, from https://berita.upi.edu/google-classroom-salah-satu-lms-terfavorit-di-masa-pandemi/
Komariah, K., Hamidah, S., & Sugiyono, S. (2021). Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Pada Masa Pandemi Covid-19. … Pendidikan Teknik Boga …. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44687
Marhamah, S., Yolanda, A., Sari, R. A., & Nurismilida, N. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 40–45. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i2.1023
Masban, B. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Chemistry Education Practice, 4(3), 301–309. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2583
Misnawati. (2021). Model pembelajaran di masa pandemi Covid-19: Synchronous and asynchronous (Blended e-learning). Elaborasi Ilmu Sosial Untuk Covid-19: Pengajaran, Pembelajaran Serta Eksistensi Lembaga Pendidikan Selama Pandemi Covid-19, 44–55.
Nasution, N., Jalinus, N., & Syahril. (2019). Buku Model BLENDED LEARNING (B. Simamora (Ed.)). Unilak Press.
Oktifa, N. (n.d.). Metode Pembelajaran Blended Learning: Alternatif Metode Pembelajaran Efektif Saat Ini. Retrieved June 16, 2022, from https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/metode-pembelajaran-blended-learning
Perbawaningsih, P. Y., Sulistyaningtyas, I. D., & Negoro, S. H. (2017). PERILAKU MENGAJAR DAN PERILAKU BELAJAR : Mengidentifikasi Academic Atmosphere Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogjakarta.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.
Ringkasan Google Workspace for Education | Google for Education. (n.d.). Retrieved June 16, 2022, from https://edu.google.com/intl/ALL_id/workspace-for-education/editions/overview/
Rukajat, A. (2018). KONSEP MANAJEMEN PEMBELAJARAN. In MANAJEMEN PEMBELAJARAN (p. 5). PENERBIT DEEPUBLISH.
Salmaa. (n.d.). Reduksi Data: Pengertian, Tujuan, Langkah-Langkah, dan Contohnya. Retrieved June 11, 2022, from https://penerbitdeepublish.com/reduksi-data-adalah/
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
SARAH, A. (2018). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2021). Data Sebaran. https://covid19.go.id/
Setya Raharja. (2010). Model Pembelajaran Berbasis Lms ( Learning Management System ) Dengan Pengembangan Software Moodle ( Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment ) Di Sman Kota Model Pembelajaran Berbasis Learning Management System ( Lms )) Dengan. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Laporan HB LMS e Learning Tahun I 2010, November.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Tantangan Pembelajaran, D., & Syarifuddin Ahzab, M. (2021). “Peluang Digital Di Era Industri 4.0 Menuju Era 5.0” Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Selama Pandemi Covid-19. 1, 102–111.
Tanzeh, Ahmad Arikunto, S. (2019). Metode Penelitian. 22–34.
Tiharita, R. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Media Internet dalam Pembelajaran melalui Blended Learning. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II(c). https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.917
Utami, I. T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2), 13–23.
Yamin, H. M. (2013). Strategi & Metode Dalam Model Pembelajaran. Referensi (GP Press Group).
Yaniawati, R. P. (2020). Problematika & Strategi Penyusunan Proposal Penelitian Kemristek/ Brin. https://www.lldikti4.or.id/wp-content/uploads/2020/08/PROBLEMATIKA-STRATEGI-PENYUSUNAN-PROPOSAL.pdf
Yaumi, M., & Damopolii, M. (2017). Desain Blended Learning: Model Pemaduan Sumber Belajar Online Dan Tradisional. Knappptma Ke-6, 1(September), 1–19.
Yuyu, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.
Chaeruman, U. A. (2018). Panduan Memilih dan Menentukan Setting Belajar Dalam Merancang Pembelajaran Blended. Program Studi Teknologi Pendidikan, 10.
Oktifa, N. (n.d.). Metode Pembelajaran Blended Learning: Alternatif Metode Pembelajaran Efektif Saat Ini. Retrieved June 16, 2022, from https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/metode-pembelajaran-blended-learning
Trisno, I. B. (2021). Pengenalan Google Class Room di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru-Guru di Yayasan Badan Pendidikan Kristen. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(Vol. 3 No. 3 (2021): April), 405–413. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/728/411
Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). Penerapan Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 30–44. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p30--44
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tanta, Martza Merry Swastikasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id