EVALUASI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO “ABC” (AKU BACA DALAM CERITA) UNTUK MENGENALKAN HURUF PADA PAUD
nfn Innayah(1*)
(1) BPMR Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 3410 | PDF downloaded : 338
Abstract
Audio media “ABC” (Aku Baca dalam Cerita) a learning media that introduces letters through stories for Early Childhood Education aged 5-6 years. To find out the success of the media, it is necessary to evaluate: Is ABC audio media can help introduce alphabet on early childhood learners? How the level of development of the language aspects of students after learning with ABC audio media? Evaluation of the use of audio media ABC aims to know the audio media ABC in introducing letters to students in early childhood and to determine the development of language students with learning ABC audio media. This research was conducted for 10 days on 1-14 August 2017 in ABA Gamping TK, Sleman, Yogyakarta. The population of this research is all of ABA Gamping TK students with the sample of 40 PAUD students. The results of this study obtained data that the level of developmental achievement of students aged 5-6 years in recognizing the letter pattern was good. Thus it can be seen that ABC learning audio media can help in introducing letters to students in early childhood. At the level of achievement of language development, it is shown that most students can achieve the predetermined indicators. This shows that ABC audio media can improve language development in early childhood education. However, there is still a need for variations in the presentation format in ABC learning audio media programs to stimulate the imagination of students in early childhood and the need for supporting materials that can stimulate the students' creativity.
ABSTRAK
Media Audio “ABC” (Aku Baca dalam Cerita) merupakan media audio pembelajaran yang memperkenalkan huruf melalui cerita untuk Pendidikan Anak Usia Dini usia 5-6 tahun. Untuk mengetahui keberhasilan media tersebut perlu dilakukan evaluasi tentang: Apakah media audio ABC dapat membantu mengenalkan huruf pada peserta didik PAUD? Bagaimana tingkat perkembangan aspek bahasa peserta didik setelah belajar dengan media audio ABC? Tujuan evaluasi pemanfaatan media audio ABC ini yaitu untuk mengetahui media audio ABC dalam mengenalkan huruf pada peserta didik PAUD dan untuk mengetahui perkembangan bahasa peserta didik dengan belajar media audio ABC. Penelitian ini dilaksanakan selama 10 hari pada tanggal 1-14 Agustus 2017 di TK ABA Gamping, Sleman, Yogyakarta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa TK ABA Gamping dengan sampel 40 siswa PAUD. Hasil dari penelitian ini diperoleh data bahwa tingkat pencapaian perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun dalam mengenal pola huruf sudah baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa media audio pembelajaran ABC dapat membantu dalam mengenalkan huruf pada peserta didik PAUD. Pada tingkat pencapaian perkembangan bahasa ditunjukkan bahwa peserta didik sebagian besar dapat mencapai indikator yang telah ditentukan. Hal ini menunjukkan bahwa media audio ABC dapat meningkatkan perkembangan bahasa pada pendidikan anak usia dini. Saran, perlunya variasi format sajian dalam program media audio pembelajaran ABC untuk merangsang imajinasi peserta didik pada PAUD dan perlunya bahan penunjang yang dapat merangsang keratifitas peserta didik.
Keywords
References
Anwas, Oos M. 2013. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, Vol. 17 No. 1, Maret 2013, Jakarta: Pustekkom Kemdikbud.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Anggun Paud, Kemdikbud. 2016. Keaksaraan Awal. diunduh 2 Juni 2018.http://anggunpaud.kemdikbud. go.id/ index.php/berita/index/ 20161207084308/Keaksaraan-Awal
Amini. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata di TK Negeri Pembina Yogyakarta”, Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5, Edisi 1, Juni 2016. Hal 673-683. diunduh 7 Mei 2018. https://journal.uny. ac. id/index. php/jpa/article/download/12362/8932
Astuti, Yosi Rahayu Puji., Rif’at Mohamad, dan Putri, Prihadini Rizky Oktora Eka. 2016. “Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Kartu Huruf dan Kartu Gambar Terhadap Pemahaman Kosakata pada Anak Usia Dini di Kelas 0 Besar Tk”, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4 No. 1. Juni 2016. hal 1-13. diunduh 26 Juli 2018. http://jurnalstkip melawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/96
BPMRPK. 2017. Rancangan Model Media Audio “ABC”. Yogyakarta: BPMRPK Kemdikbud.
Fadlillah, Muhammad. 2014. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan, Teoritik dan Praktik. Yogyakarta Ar-Ruzz Media.
Fajarwati. 2011. Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan Pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah I Grogol. Skripsi, UMS Surakarta. http://eprints. ums.ac.id/14125/
Fauziddin, Moh. 2017. “Upaya peningkatan kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang”. Jurnal Obsesi. volume 1 nomor 1 hal. 42-51. https:// obsesi.or.id/index.php/obsesi/issue/view/5
Hasan, Maimunah. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
Herawati, Netty. 2017. Media Audio Pembelajaran Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Makalah, disajikan pada kegiatan studi kelayakan untuk daerah 3T di Hotel New Saphir Yogyakarta tanggal 21-23 Maret 2018
Innayah. 2013. “Pemanfaatan Media Audio Pendidikan Anak Usia Dini (Mapaud) Nyanyian dalam Pembelajaran”, Jurnal Kwangsan, Vol.1. No.1. Juni 2013, hal. 57-69
Innayah. 2017. Laporan Pemanfaatan Media Audio Pembelajaran “ABC”. Yogyakarta: BPMRPK-Kemdikbud.
Jayanto, Arif Dwi. 2017. Pemanfaatan Media Audio Pembelajaran Permainan Tradisional Anak Nusantara (Permata Nusantara) untuk Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: UNY
Molenda, Michael and Januszeski, Alan. 2008. Educational Technology. New York: Lawrence Erlbaum Associates.
Marlinda, Dona. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pohon Huruf. Skripsi, Universitas Bengkulu,
diunduh 26 Juli 2018. http://repository.unib.ac.id/ 8643/ 1/I%2CII%2CIII%2CII-14-don.FK.pdf
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Marwati, Sri. 2017. Kesulitan Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Lab Model Muhammadiyah Pontianak Kota. Artikel penelitian, Universitas Tanjungpura Pontianak, diunduh 4 Juni 2018 https://media.neliti.com/media/publications/216068-none.pdf
Muflikha. 2013. ”Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias Di Paud Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan”, Jurnal Spektrum PLS Vol. 1, No. 1.2013. Hal 1- 16. diunduh 6 Juli 2018.http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/1450
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Ciputat: Gaung Persada Press
PAUD Jateng. 2015. Cara Evaluasi/ Penilaian PAUD (TK KB TPA SPS). diunduh 7 Mei 2018 https://www.paud.id/2015/09/contoh-format-penilaian-paud-k13.html
_________, 2016. Metode Pra Keaksaraan untuk Anak Usia Dini (PAUD). diunduh 8 Mei 2018 https://www.paud.id/2016/02/metode-pra-keaksaraan-anak-usia-dini.html
Permatasari, Devi., Supriatna, Encep dan Ch Ni’mah Ima. 2016. ”Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini”,Jurnal Infantia, Vol 4. No. 2 Agustus 2016. hal 1-9 http://antologi.upi.edu/file/Devi_Permatasari.pdf
Rahmawati, Aini Nur. 2015. “Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Tawanrejo Bareng Klaten”, Jurnal Involusi Kebidanan, Vol. 5. No. 10. Juni 2015. Hal 24-29. http://ejournal. stikesmukla.ac.id/ index.php/involusi/article/download/196/194
Rusniah. 2017. “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016”, Jurnal Edukasi, Vol. 3. No. 1. Hal. 114-130. https://jurnal.arraniry.ac.id/ index.
Raharjo, Puji. 2010. Modul Pembuatan Media Audio Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom-Kemdiknas.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan,Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.Bandung: CV. Alfabeta.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran penggunaaan dan pembuatannya. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sari, Nunung Sinta. 2013. Analisis Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad TK Pertiwi II Pontianal.
Skripsi, Untan Pontianak, diunduh 27 Juli 2018. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/1739/pdf
Sari, Meta Novtrya. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita di Kelompok B TK Yasporbi Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu. diunduh 27 Juli 2018. http://repository.unib.ac.id
Wahyudin, Uyu dan Agustin, Mubiar. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama
Wiyani & Barnawi. 2014. Format PAUD: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wulan, Novro Windu. 2017. Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Metode Bercerita dengan Media Visual di TK Perintis Tunas Bangsa Way Tebu Lampung Barat. Skripsi. Uin Raden Intan. diunduh 25 Oktober 2018. http://repository. radenintan.ac.id
Wahyuningsih, Sri. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain pada Siswa TK Pertiwi Larikrejo Kudus. Skripsi, Universitas Muria Kudus. diunduh 28 Juli 2018. http://eprints.umk.ac.id.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 nfn Innayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id