PROBLEM BASED E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p70--89

Puji Ariyati(1*), I Wayan Sukrawarpala(2), I Wayan Santyasa(3)
(1) Prodi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
(2) Prodi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
(3) Prodi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 2847 | PDF downloaded : 640

Abstract

Many concepts of chemistry about abstract things that require strong understanding to the concepts by relating it in daily life. Its implementation does not only have to be directly face to face, but also can be through e-learning. The aim of this study is at describing the differences in the influence of the Problem-Based e-Learning (PBeL) model with Direct e-learning (DeL) model on critical thinking skills and chemistry learning achievement. This quasi-experimental study was applied in which thepretest-posttest non-equivalent control group design, involving 3 classes (95 students) of Class X MIPA SMAN-1 Bebandem. The study sample consisted of 2 classes (64 students). Critical thinking skills and chemistry learning achievement data were obtained from the critical thinking skills test scores and chemistry learning achievement. Data were analyzed descriptively by using one-way MANCOVA. The results showed that, there were significant differences in: (1) critical thinking skills and learning achievement together between students learning with PBeL and DeL models (F= 26,363; p<0.05); (2) critical thinking skills between students learning with PBeL and DeL models (F= 36,278; p<0.05); (3) learning achievement between students learning with PBeL and DeL models (F= 9,859; p <0.05). PBeL model has a greater effect than DeL on critical thinking skills and Chemistry learning achievement of class X students of SMAN-1 Bebandem

 

Abstrak

Banyak konsep kimia tentang hal-hal abstrak yang memerlukan pemahaman yang kuat dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaannya tidak harus secara tatap muka tetapi bisa melalui e-Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model Problem-Based e-Learning (PBeL) dengan model Direct e-Learning (DeL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi atau hasil belajar Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pre-test and post-test non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 3 kelas paralel (95 siswa) kelas X MIPA SMAN-1 Bebandem. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas paralel (64 siswa). Data keterampilan berpikir kritis dan prestasi/hasil belajar kimia diperoleh dari skor tes keterampilan berpikir kritis dan prestasi/hasil belajar Kimia. Data dianalisis secara deskriptif dan MANCOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada (1) keterampilan berpikir kritis dan prestasi/hasil belajar secara bersama-sama antara peserta didik yang belajar dengan model PBeL dan DeL (F=26,363;  p<0,05), (2) keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model PBeL dan DeL (F=36,278; p<0,05); dan (3) prestasi/hasil belajar Kimia antara peserta didik yang belajar dengan model PBeL dan DeL (F = 9,859; p<0,05). Model PBeL berpengaruh lebih besar dibandingkan dengan DeL terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi/hasil belajar Kimia siswa kelas X SMAN-1 Bebandem.

Keywords

problem based e-learning; direct e-learning; keterampilan berpikir kritis; prestasi belajar kimia; problem based e-learning, direct e-learning, critical thinking skills; chemistry learning achievement
--

Full Text:

PDF ***

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. V. 2010. Kerangka pembelajaran untuk pembelajaran, pengajaran, dan assesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, R. I. 2012. Learning to teach. New York. McGraw-Hill.

Arianto, F., Lamijan, H. S., Utari D., & Alfi, F. S. 2020. Model penerimaan dan pemanfaatan teknologi: e-learning di perguruan tinggi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 8(1), 110-121. Diakses 4 September 2020, dari http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p110--121.

Chaeruman, U. A. 2020. Ruang belajar baru dan implikasi terhadap pembelajaran di era tatanan baru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 142-153. Diakses pada tanggal 4 September 2020, dari http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153.

Ennis, R. H. 2013. Critical thinking across the curriculum (CTAC) in D. Mohammed, & M. Lewiński (Eds.), Virtues of Argumentation. Proceedings of the 10th International Conference of the Ontario Society for the Study of Argumentation (OSSA), 1-16. Windsor, ON: OSSA.

Ibrahim, Nurul Akmal, N., Marwan,& Hasan, S. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2). Diakses 30 Desember 2019, dari http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambiilmu/article/view/1005/819.

Isman, Muhammad. 2016. Pembelajaran moda dalam jaringan (moda daring). Diakses pada tanggal 2 April 2020, dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id.

Kamil, B., Velina, Y., & Kamelia, M. 2019. Student’s critical thinking skills in islamic school: the effect of problem based learning (PBL) model. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 77-85. Diakses pada tanggal 14 November 2019, dari https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.4212.

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisalohit, S., Azwan, Maghfirah, I.,Tinggapi, H., Chairul M., & Basrun, U. 2019. Problem based learning as an effort to Improve student learning outcomes. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(9), 1140-1143. Diakses pada tanggal 12 Januari 2020, dari https://www.researchgate.net/publication/335910617.

Novita, Bukit, N., & Sirait, M. 2019. Pengaruh model problem based learning menggunakan mind map terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 57-67. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2019, dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf.

Nursarita, P. N. W., Santyasa, I.W., & Sukra, W. I. W. 2019. Pengaruh desain e-learning terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran pemrograman pada siswa SMK. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 7(2), 138-155. Diakses 4 September 2020, dari http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155.

OECD. 2018. Pisa 2018 insight and interpretations. Diakses pada tanggal 14 Januari 2020, dari https://www.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf.

Poppy, Y., Rahayu, K., Nenden, M.S., Euis, E. P., Mira, M. 2020. Integration of e-Learning for mathematics on resource-based learning: increasing mathematical creative thinking and self-confidence. Ijet 15 (6). 61-77. Diakses 1 April 2020 dari https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915.

Puspendik. 2019. Laporan hasil ujian nasional. Diakses pada tanggal 2 Juni 2020, dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&.

Santuthi, P. C. P. 2019. Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas viii pada mata pelajaran ipa di SMPN 1 singaraja. Tesis. Tidak diterbitkan. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Santyasa, I. W. 2014. Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santyasa, I. W. 2017. Pembelajaran inovatif. Singaraja: Undiksha Press

Santyasa, I. W. 2019. Metodologi penelitian pendidikan. Undiksha Pres.

Santyasa, I. W., Santyadiputra, G. S., & Juniantari, M. 2019. Problem-based learning model versus direct instruction in achieving critical thinking ability viewed from students’ social attitude in learning physics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 335. Diakses pada tanggal 12 Desember 2019, dari https://dx.doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.101.

Santyasa, I. W., Rapi, N. K. & Sara, I. W. W. 2020. Project Based Learning and Academic Procrastination of Students in Learning Physics. International Journal of Instruction, 13(1), 489-508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13132a.

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K. & Sangka, K. B. 2019. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis melalui kolaborasi model jigsaw dengan model pembelajaran berbasis masalah. International Journal of Instruction , 12(1), 1077-1094.

Saputri, A. C., Sajidan, Yudi, R., Afandi, & Prasetyanti, N. M. 2019. Improving students’ critical thinking skill in cell-metabolism learning using stimulating higher order thinking skills model. International Journal of Instruction,12(1), 327-342. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020, dari https://doi.org/10.29333/iji.2019.12122a.

Siagian, Meryance V. 2019. Development of learning materials oriented on problem based learning model to improve student’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International Electronic Journal of Mathematic Education, 14(2),331-340. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020, dari https://doi.org/10.29333/iejme/5717.

Sihombing, C., Hutauruk, D. S., & Efendi, S. 2019. Pengaruh model problem based learning dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan metakogitif siswa sekolah menengah pertama. Diakses 15 Oktober 2019, dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPB.

Suarniati, N. W. 2019. The Difference between the effects of problem-based learning strategy and conventional strategy on vocational school students’ critical thinking skills in civic education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(8), 155-167. Diakses pada tanggal 14 November 2019, dari https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.10.

Suastra, I W. 2013. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Tania, R., Jumadi & Astuti, D.P. 2020. The application of physics e-handout assisted by PBL model use Edmodo to improve critical thinking skills and ICT literacy of high school students. Journal of Physics: Conference Series: 1440, 012037. Diakses pada tanggal 2 April 2020, dari https://doi:10.1088/1742-6596/1440/1/012037.

Yaniawati, R.P., Kartasasmita, B.G., & Saputra J. 2019. E-learning assisted problem based learning for self-regulated learning and mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series 1280, 042023. Diakses pada tanggal 2 April 2020, dari https://doi:10.1088/1742-6596/1280/4/042023.

Yuliati, L., Fauziah, R., & Hidayat, A. 2018. Student critical thinking skil in authenthic problem based learning. International Journal of physic: Series 1013,012025. Diakses pada tanggal 30 Desember 2019, dari https://doi.10.1088/1742-6596/1013/1/012025.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Puji Ariyati, I Wayan Sukrawarpala, I Wayan Santyasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats