PENGEMBANGAN DAN KELAYAKAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL BINA UMAT

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p275--289

Selvi Dwi Hartiyani(1*), Anik Ghufron(2)
(1) Yogyakarta State University
(2) Penelitian Evaluasi Pendidikan - Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 2676 | PDF downloaded : 420

Abstract

This study aims to: (1) develop multimedia for android applications for teachers (non-diniyah); (2) know the feasibility of  the product; This research and development was carried out at the Islamic Boarding School in Bina Umat Setran, Sumberarum, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. This study involved 20 non-diniyah teachers for the initial ability test and media effectiveness test using questionnaires. The development process android based multimedia  involved 2 media experts and 1 material expert. Data were analyzed by using quantitative data analysis with descriptive statistics. The results of this study is android-based application products. The developed product was declared feasible to use based on the assessment of media experts and material experts with values of 4.23 (very high) and 4.59 (very high), and material expert 4.44 (very high), so the product could be stated feasible to improve teacher in learning Arabic.

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk aplikasi multimedia berbasis Android untuk guru (non diniyah); dan (2) mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dilakukan di Islamic Boarding School Bina Umat Setran, Sumberarum, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Dalam penelitian melibatkan 20 orang guru non-diniyah untuk uji kemampuan awal dan uji efektivitas media dengan menggunakan kuesioner. Proses pengembangan multimedia berbasis android melibatkan 2 orang ahli media dan 1 orang ahli materi, untuk mengetahui kelayakan produk dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah aplikasi berbasis android. Produk yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi dengan nilai masing-masing 4,23 (sangat tinggi) dan 4,59 (sangat tinggi), serta penilaian ahli materi dengan nilai 4,44 (sangat tinggi). Dengan demikian, produk dapat dinyatakan layak untuk pembelajaran guru mata pelajaran bahasa Arab (non-diniyah).

Keywords

pengembangan; multimedia, android; bahasa Arab;development; multimedia; android; Arabic;
--

Full Text:

PDF ***

References

Anggraini, M. S. A. & Sartono, E. K. E. (2019) Kelayakan pengembangan multimedia interaktif ramah anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. 7(1),75. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p57--77

Baroroh, U. R. 2017. Model-model belajar bahasa arab di Indonesia berdasarkan lingkungan berbahasa. Makalah disajikan dalam Seminar Prosiding Konrefensi Nasional Bahasa Arab III, di Universitas Negeri Malang

Budiningsih, A. 2015. Belajar dan pembelajaran (2 ed.). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Churchill, D., Lu, J., Chiu, T. K.F. & Fox, B. (Eds.). 2016. Mobile learning design: theories and application. New York: Springer.

Fahrurrozi, Aziz. 2014. Pembelajaran bahasa arab : problematika dan solusinya. Arabiyan. Jurnal pendidikan bahasa arab dan kebahasaaraban. Vol. I, no. 2, issn : 2356-153x. From http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/arabiyat/article/view/1137/1009

Ghani, M.T.A. & Daud, W.A.A.W. 2018. Arabic for tourism purpose via web-based learning. Journal Researchgate. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/324603699

Griffin, E. (2012). Comunication a first look at comunication theory (8rd Ed.). New York:McGraw-Hill.

Hermawan, A., 2014. Metodologi pembelajaran bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Hidayat, S. N. 2012 Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929

Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2002. Multimedia projects in education: designing, producing, and assessing. United States of America : Libraries Unlimited.

Jusoh, W. N. H. W. & Jusoff, K. 2009. Using multimedia in teaching Islamic studies Centre for Islamic Thought and Understanding. Journal Media and Communication Studies Malaysia Vol. 1(5) pp. 086-094. Retrieved from http://www.academicjournals.org/jmc

Karmi, M., Karmi, Z., & Attaran, M. 2013. Itegrating problem-based learning with ICT for developing trainee teachers’ content knowledge and teaching skill. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology. (IJEDICT), 2013, Vol. 9, Issue 1, pp. 36-49 Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1071352.pdf

Lee, W. W. & Owens, D. L. 2004. Multimedia – based instructional design. San Francisco: Pfeiffer.

Mayer, R. E. 2009. Multimedia learning. Multimedia learning (2nd ed.). New York: Cambridge University press.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran untuk peningkatan kualitas belajar siswa. Jurnal Kwangsan Vol. 2 - Nomor 1. Nopember 2014. Hal.1-11.

Miswari, M. 2010. Peningkatan profesionalisme guru bahasa arab: upaya peningkatan mutu pembelajaran bahasa arab. Journal of islamic education (jurnal pendidikan islam), 15(02), 255-272. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/75

Mulyani, E. W. S. (2018). Dampak pemanfaatan aplikasi android dalam pembelajaran bangun ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. 6(02),113. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136

Prawiradilaga, D. S. 2012. Wawasan teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Setiawan, A., Suryani, N. & Asrowi. 2017. Urgensi pemanfaatan multimedia dalam pendidikan Islam. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Surakarta.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian & pengembangan – research and development. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. 2005. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Prodi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNY. Tidak diterbitkan.

Surjono, H. D. 2017. Multimedia pembelajaran interaktif konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY press.

Ulya, N. M. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa:Jurnal Pendidikan Islam 2016;10(1):1-25. DOI 10.21580/nw.2016.10.1.867

Wakke, S. I. 2015. 313 Antara Tradisionalisme dan Kemodernan: Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim Papua Barat. Tsaqofah: Jurnal Peradaban Islam. DOI:http://dx.doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.271

Yuniarti, A., Tjahyanto, A., Kuswardayan, I. Kamus Bahasa Arab-Indonesia Online dengan Pemecahan Suku Kata Menggunakan Metode Parsing. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi. 2004;3(1):9-16 DOI 10.12962/j24068535.v3i1.a125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Selvi Dwi Hartiyani, Anik Ghufron

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats