PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PRESENTASI PADA MATA KULIAH HIDROLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Arris Maulana(1), Galih Tiara Sekartaji(2), Riyan Arthur(3*), Laurika Kusuma Dewi(4)
(1) Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur
(2) Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur
(3) Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur
(4) Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 4961 | PDF downloaded : 1379
Abstract
This research aims to design and develop video presentation media that is applied to the Hydrology course. This research applies the Research and Development (R & D) method with the Borg and Gall model which is limited to small group trials. Media validation is used for expert validation with Aiken's V formula and assessment of students using a test. The validation results show that the media is suitable to be used. The results of the pre-test and post-test that were analyzed by t-test obtained a significant t-count of 5.052 from 36 students. Based on this analysis, it can be concluded that this presentation video learning media is appropriate and effective on a limited scale for learning Hydrology courses in the educational of building engineering, State University of Jakarta.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media video presentasi yang diterapkan pada mata kuliah Hidrologi. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R & D) dengan model Borg dan Gall yang dibatasi sampai ujicoba kelompok kecil. Validasi media yang digunakan untuk validasi ahli dengan formula Aiken’s V dan untuk penilaian dari mahasiswa menggunakan tes. Hasil validasi menunjukkan bahwa media layak digunakan. Hasil pre-test dan post test yang dianalisis dengan uji t dari 36 mahasiswa diperoleh thitung sebesar 5,052 yang signifikan. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video presentasi ini layak digunakan dan efektif pada skala terbatas untuk pembelajaran mata kuliah Hidrologi di Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta.
Keywords
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran (15th ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (1st ed.). Jambi: Gaung Persada Press Jakarta.
Ayu, N. R., Arthur, R., & Neolaka, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Komik pada Konstruksi Bangunan. Jurnal Pensil, 8(1), 40–46. https://doi.org/10.21009/ jpensil.v8i1.10628
Borg, W. R., Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research. Educational Research: An introduction (7th ed.). Boston: Pearson.
Cardon, T., & Azuma, T. (2012). Visual attending preferences in children with autism spectrum disorders: A comparison between live and video presentation modes. Research in Autism Spectrum Disorders, 6(3), 1061–1067. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2012.01.007
Carpenter, S. K., & Toftness, A. R. (2017). The Effect of Prequestions on Learning from Video Presentations. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 6(1), 104–109. https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2016.07.014
Furi, U. L., & Mustaji, Nf. (2017). Pengembangan Media Video Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Bagi Siswa Kelas Xi Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan. Kwangsan : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 91. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p91--100
Garcia-Prats, A., González-Sanchis, M., Del Campo, A. D., & Lull, C. (2018). Hydrology-oriented forest management trade-offs. A modeling framework coupling field data, simulation results and Bayesian Networks. Science of The Total Environment, 639, 725–741. https://doi.org/10.1016/J.SCITOTENV.2018.05.134
Hardiyanto, H., Isnanto, R. R., & Windasari, I. P. (2016). Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Siklus Hidrologi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 159. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.159-166
Hendryadi. (2017). Validitas Isi : Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis FE-UNIAT, 2.
Hui, R., Herman, J., Lund, J., & Madani, K. (2018). Adaptive water infrastructure planning for nonstationary hydrology. Advances in Water Resources, 118, 83–94. https://doi.org/10.1016/J.ADVWATRES.2018.05.009
Janssen, A. B. G., van Wijk, D., van Gerven, L. P. A., Bakker, E. S., Brederveld, R. J., DeAngelis, D. L., … Mooij, W. M. (2019). Success of lake restoration depends on spatial aspects of nutrient loading and hydrology. Science of The Total Environment, 679, 248–259. https://doi.org/10.1016/J.SCITOTENV.2019.04.443
Jossberger, H., Brand-Gruwel, S., van de Wiel, M. W. J., & Boshuizen, H. (2017). Learning in Workplace Simulations in Vocational Education: a Student Perspective. Vocations and Learning. https://doi.org/10.1007/s12186-017-9186-7
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/JPAI.V8I2.949
Nurseto, T., & supply. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik – Tejo Nurseto. Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/media pembelajaran
Pallett, A. C., Nguyen, B. T., Klein, N. M., Phippen, N., Miller, C. R., & Barnett, J. C. (2018). A randomized controlled trial to determine whether a video presentation improves informed consent for hysterectomy. American Journal of Obstetrics and Gynecology, 219(3), 277.e1-277.e7. https://doi.org/10.1016/j.ajog.2018.06.016
Prastiyo, W., Djohar, A., & Purnawan, P. (2018). Development of Youtube integrated google classroom based e-learning media for the light-weight vehicle engineering vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 53. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i1.17356
Ranganathan, A. (2013). Professionalization and market closure: The case of plumbing in India. Industrial and Labor Relations Review, 66(4), 902–932. https://doi.org/10.1177/001979391306600407
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Bariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rinaldi, A. A., Daryati, & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal Pensil, 6(1), 1–7.
Rivalina, R. (2017). Strategi Pemanfaatan e-learning Dalam Mengatasi Keterbatasan Jumlah Dosen. Kwangsan : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 129–145. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p129--145
Rosdiana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95
Rusman. (2016). Pengembangan Model e-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Kwangsan : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 1. DOI : https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p1--15
Sadiman, A. s, & dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Schneider, S., Beege, M., Nebel, S., & Rey, G. D. (2018). A meta-analysis of how signaling affects learning with media. Educational Research Review, 23(November 2017), 1–24. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.11.001
Seidl, R., & Barthel, R. (2017). Linking scientific disciplines: Hydrology and social sciences. Journal of Hydrology, 550, 441–452. https://doi.org/10.1016/J.JHYDROL.2017.05.008
Setiaji, Dhani Harda, P. E. F. I. P. dan P. S. U. I. P. (2016). Pengembangan Media Computer Assisted Instruction (CAI) Untuk Perhitungan Volume Pekerjaan dan Analisis Biaya Bahan Pada Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 102–114.
Shofifah, A. (2013). Pengembangan Media Kartu Hidrologi untuk Mata Pelajaran Geografi pada Pokok Bahasan Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi di Kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Jurnal Swara Bhumi, 2(3), 195–202. https://doi.org/10.1192/bjp.112.483.211-a
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2012). Instructional Technology & Media For Learning (9th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. (S. Y. Suryandari, Ed.). Yogyakarta: Alfabeta.
Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Tanaka, M., Takahashi, T., & Yamamoto, H. (2003). Simultaneous live video presentation during knee arthroscopy. Journal of Orthopaedic Science, 8(4), 518–521. https://doi.org/10.1007/s00776-003-0670-6
Thomas, M., & Ostendorf, A. (2017). Discourse Analysis as a Tool for Promoting the ‘Critical Literate’ VET Teacher. Vocations and Learning, 11(2), 1–19. https://doi.org/10.1007/s12186-017-9188-5
Wheeler, S. A., Loch, A., Crase, L., Young, M., & Grafton, R. Q. (2017). Developing a water market readiness assessment framework. Journal of Hydrology, 552, 807–820. https://doi.org/10.1016/j.jhydrol.2017.07.010
Refbacks
Copyright (c) 2019 Arris Maulana, Galih Tiara Sekartaji, Riyan Arthur, Laurika Kusuma Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id