PENGEMBANGAN MODUL PROJEK IPAS PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) DI SMKN 1 NGRAYUN PONOROGO
Arin Khoirul Hidayah(1), Sentot Budi Rahardjo(2*), Sulistyo Saputro(3)
(1) Program Studi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret
(2) Program Studi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret
(3) Program Studi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 933 | PDF downloaded : 141
Abstract
Project Based Learning (PjBL) is a learning method that uses projects/activities as media. This method requires students to be able to explore, assess, interpret, synthesize, and information to produce various forms of learning outcomes. This study aims to determine the characteristics of the module, validity, practicality and effectiveness of the PjBL-based IPAS teaching module in the TKR Light Vehicle Engineering Department at SMKN 1 Ngrayun Ponorogo. This type of research is research and development or (R&D). The research will be conducted at SMKN 1 Ngrayun Ponorogo. This study uses a qualitative and quantitative approach with the development model used is the Four-D Model (4-D) which consists of four stages, namely: Define, Design, Develop, Disseminate). The results of this study indicate that the teaching modules based on the Project Based Learning (PjBL) model have met the criteria of validity, practicality and effectiveness. The validity criteria based on the results of the open module validation analysis by the validator are in the very valid category. the average implementation value is 1.7925 with the category fully implemented because it is at a distance of 1.5 ≤ M ≤ 2.0 so that the open module meets the practicality criteria. This shows that the teaching modules developed can be used in science learning on the aspects of substances and their changes. The teacher response questionnaire includes statements related to open modules so that a teacher response score of 99% is obtained and overall is in the very practical category because it is in the range of 81% to 100%. Students' responses to teaching modules are known by giving questionnaires containing statements related to teaching modules and knowing students' opinions about the learning carried out. The student response was 98.75% and overall it was in the very practical category because it was in the range of 81% - 100%.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul, validitas, praktikalitas dan efektivitas modul pembelajaran IPAS berbasis PjBL pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan TKR SMKN 1 Ngrayun Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau (R&D). Penelitian akan dilakukan di SMKN 1 Ngrayun Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan model pengembangan yang digunakan adalah Model Four-D (4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul ajar berbasis model Project Based Learning (PjBL) telah memenuhi kriteria validitas, praktikalitas dan efektivitas. Kriteria validitas berdasarkan hasil analisis validasi modul terbuka oleh validator berada pada kategori sangat valid. nilai rata-rata implementasi sebesar 1,7925 dengan kategori terlaksana sepenuhnya karena berada pada jarak 1,5 ≤ M ≤ 2,0 sehingga modul terbuka memenuhi kriteria kepraktisan. Hal ini menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA pada aspek zat dan perubahannya. Angket respon guru memuat pernyataan-pernyataan terkait modul terbuka sehingga diperoleh skor respon guru sebesar 99% dan secara keseluruhan masuk dalam kategori sangat praktis karena berada pada rentang 81% hingga 100%. Respon siswa terhadap modul pengajaran diketahui dengan memberikan angket yang berisi pernyataan-pernyataan terkait modul pengajaran dan mengetahui pendapat siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Respon siswa sebesar 98,75% dan secara keseluruhan berada pada kategori sangat praktis karena berada pada rentang 81% - 100%.
References
Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2021). E-Modul IPAdengan Model STEM-PjBLBerorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120–133.
Andita Putri Surya, Stefanus C. Relmasira, & Agustina Tyas Asri Hardini. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai - Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo, 1(2), 71–90.
Dwianti, I. N., Julianti, R. R., & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media PowerPoint dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 675–680.
Ismail, R., Rifma, & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PjBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 958–965.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 91(103), 07–02.
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.
Ningrum, L., Sumaryoto, S., & Nurdin, N. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02). doi:10.30998/diskursus.v3i02.5989
Nisa, A., & Dwiningsih, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Geometri Molekul Menggunakan Mobile Virtual Reality (MVR) untuk Meningkatkan Kemampuan Visuospasial. Kwangsan Jurnal Teknollogi Terapan, 09(02), 220–236.
Pratiwi, D. M. S., Supriana, E., & Hidayat, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan Sistem QR Code untuk Membantu Siswa Menerapkan Konsep Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Seminar Nasional Pendidikan Fisika Dan Pembelajarannya, 3(3), 48–54.
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan : Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 21–33.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur - Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa : Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–7.
Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sarti, B. M., & Agustina, W. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning (PJBL). Prosiding Seminar Nasional Ikip Budi Utomo, 2(01), 1–9.
Siti Alifah. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. Cermin : Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123.
Sudarsri Lestari. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Umami, L. F., Nugroho, K., & Zubedi. (2021). Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (Projek IPAS). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Yuliana. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning Untung Menumbuhkan Creativity Peserta Didik Kelas VIII SMP. E-Journal Pendidikan IPA, 7(4), 121–127.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arin Khoirul Hidayah, Sentot Budi Rahardjo, Sulistyo Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id