KELAYAKAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF RAMAH ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SD
Melani Septi Arista Anggraini(1*), E. Kus Eddy Sartono(2)
(1) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 2492 | PDF downloaded : 355
Abstract
The purpose of the research was to produce development of child-friendly interactive multimedia to improve the understanding of the concept and character of loving the country for fourth grade of elementary school student feasibility. The type of research that already done conducted is Research and Development through 10 stapes, 1) research and information collecting; 2) planning; 3) develop preliminary form of product; 4) preliminary field testing; 5) main product revision; 6) main field testing; 7) operasional product revision; 8) operational field testing; 9) final product revision; and 10) implementation and dissemination. The results of the research conducted show that the development of child friendly interactive multimedia products to improve the understanding of the concept and character of homeland love for grade IV elementary school students is "very feasible" to use. The following results of the validation by the expert judgement get a value of 91 from a maximum score of 100 so that it can be stated that the products developed in the category of "very feasible".The result of validation by media experts got a value of 113 from a maximum score of 128 so that it can be stated that the products developed in the category of "very feasible". Furthermore, students and teachers respond and fall into the category of "very feasible" in the development of child-friendly interactive multimedia.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif ramah anak yang layak. Jenis penelitian yang sudah dilaksanakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang melalui 10 tahap yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awal; 4) uji coba lapangan awal yang dilaksanakan di SDN Pakel menggunakan 12 subjek; 5) revisi uji coba lapangan awal; 6) uji coba lapangan utama yang dilaksanakan di SDN Mendungan 2 menggunakan 30 subjek; 7) revisi uji coba lapangan utama; 8) uji coba lapangan operasional yang dilaksanakan di SDN Kotagede 3 dan SDN Glagah menggunakan 60 subjek; 9) revisi uji coba lapangan operasional; dan 10) diseminasi yang dilaksanakan secara tervatas dan diperluas. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan produk multimedia interaktif ramah anak untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD “layak” digunakan. Hasil validasi oleh ahli materi dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan dalam kategori “sangat layak”. Hasil validasi oleh ahli media dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan dalam kategori “sangat layak”. Selanjutnya, siswa dan guru memberikan respon dan masuk dalam kategori “sangat layak” pada pengembangan produk multimedia interaktif ramah anak.
Keywords
References
AECT. 2004. AECT Definition and Terminology Committee Document: TheMeanings of Educational Technology. Washington, D.C : Association for Educational Communications and Technology.
Arends, R.I., & Kilcher, A. 2010. Teaching For Student Learning Becoming Accomplished Teacher. New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Badan Pusat Statistik. 2011. Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia: Hasil Sensus Penduduk 2010. Jakarta: Balitbang Puskur.
Hamalik. 2010. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: PT Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. No 87: Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendiknas. 2010. Badan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk memenuhi Daya Saing dan Berkarakter bangsa. Jakarta: Balitbang Puskur.
Kusuma, Wijaya. 2016. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2016/04/03/18003851/.Sekarang.Jogja.Sudah.Kehilangan.Kejogjaannya
Laura King. 2013. The Science of Psychology (terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika.
Massey, S. R. 2015. The Multidimensionality of Children’s for Upper Grades. English Journal. 104(5),45-58.
Nescepa, S. M. & Reeve, J. B. 2003. Multimedia 100 extension Activities in Art, Drama, Music, Math and science. Chicago: America Library Association.
Peraturan Pemerintah. 2005. Standar Nasional Pendidikan.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Republik Indonesoa. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum.
Smaldino, S. 2011. Instructional Technology & Media for Learning : Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (Terjemahan). Jakarta : Kencana.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uliya Ulil Arham, K. D. 2016. Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning, Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 111. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Melani Septi Arista Anggraini, E. Kus Eddy Sartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id