ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERINTEGRASI MENURUT TEORI POLYA DITINJAU DARI TINGKAT MATHEMATIC ANXIETY
Asrori Septa Sugianto(1*), Indah Wahyuni(2)
(1) Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember
(2) Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 2113 | PDF downloaded : 211
Abstract
Math anxiety is a feeling of panic, helplessness, stiffness, and bodily symptoms such as dizziness, stomach aches and mental disorders that come out from within individuals when they are asked to solve math problems. The purpose of this study is to describe the ability to solve polya math integrated problems for class VIII students of MTSS MIFTAHUL ULUM Kalisat Jember on the material of a two-variable linear equation system with high and low levels of math anxiety. The research was conducted by 21 students of class VIII MTSS MIFTAHUL ULUM Kalisat Jember. The method used is descriptive qualitative. The research instruments included: math anxiety questionnaire, integrated math questions, and interview guidelines. Integrated math questions are used to assess students' abilities in the process of solving problems. Interviews were conducted to look at the factors and reasons students made mistakes in the stage of solving math problems. The results of the study were that the integrated math problem-solving skills of MTSS Class VIII students with a high level of math anxiety were lower than the abilities of Class VIII MTSS students with low math anxiety levels.
Abstrak
Kecemasan matematika yaitu rasa panik, tidak berdaya, kekakuan, dan gejala tubuh seperti pusing, sakit perut serta gangguan mental yang keluar dari dalam individu ketika mereka diminta untuk memecahkan masalah matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah polya matematika terintegrasi siswa kelas VIII MTSS MIFTAHUL ULUM Kalisat Jember pada materi sistem persamaan linier dua variabel dengan tingkat math anxiety tinggi dan rendah. Penelitian dilakukan pada 21 siswa kelas VIII MTSS MIFTAHUL ULUM kalisat jember. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini antara lain: (1) angket math anxiety, yang dikembangkan oleh Mahmood dan Khatoon adaptasi dari Mathematics Anxiety Scale; (2) soal matematika terintegrasi, yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam proses menyelesaikan masalah.; dan (3) pedoman wawancara, untuk melihat faktor serta alasan siswa melakukan kesalahan dalam tahap menyelesaikan masalah matematika. Hasil dari penelitian yaitu Kemampuan pemecahan masalah matematika terintegrasi Siswa MTSS Kelas VIII dengan tingkat kecemasan matematika tinggi lebih rendah dari pada kemampuan Siswa MTSS Kelas VIII dengan tingkat kecemasan matematika rendah.
Keywords
References
Agsya, F. M., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS: Pemecahan masalah: Motivasi: Polya. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31–44
Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128.
August, F. M., & Ramlah, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. JIPMat, 6(1), 43–59.
Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).
Handayani, S. D. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap pemahaman konsep matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).
Hidayah, S., Purwoko, R. Y., & Ngazizah, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(1), 155–161.
Himawan, R. F., & Sulaiman, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Menurut Teori Polya ditinjau Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 10(1).
Irfan, M. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan kecemasan belajar matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 143–149.
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh kecemasan matematis dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75–83.
Kurnila, V. S., Juniati, D., & Khabibah, S. (2023). KEMAMPUAN KONEKSI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TAHAPAN POLYA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1).
Lasdianto, J. R., & Abadi, A. P. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–102.
Mahmood, S., & Khatoon, T. (2011). Development and validation of the mathematics anxiety scale for secondary and senior secondary school students. British Journal of Arts and Social Sciences, 2(2), 169–179.
Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190.
Nurwita, F., Kusumah, Y. S., & Priatna, N. (2022). Exploring students’ mathematical computational thinking ability in solving pythagorean theorem problems. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 273–287.
Pradnyani, I. A. I., Mahayukti, I. G. A., & Mertasari, N. M. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita SPLDV Menurut Tahapan Kastolan Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal IKA, 21(1), 8–16.
Pratiwi, L. A., Dwijanto, D., & Wijayanti, K. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Read, Think, Talk, Write Ditinjau dari Kecemasan Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 576–582.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(1), 351–360.
Schoenfeld, A. H. (1987). Pólya, problem solving, and education. Mathematics Magazine, 60(5), 283–291.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.
Wahyuni, I., Nikmatuzzahro, A., & Febiani, D. I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kombinatorika Siswa Kelas XII MA Wahid Hasyim Dalam Memecahkan Soal Terapan Materi Peluang Kombinasi. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1), 218–225.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Asrori Septa Sugianto, Indah Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id