PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN KINERJA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA
Roni Subhan(1*)
(1) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1411 | PDF downloaded : 205
Abstract
The aim of this research is to develop a teaching and learning assessment model for speaking skills in Grade VII of MTs. Negeri, Sumberbaru, Jember. The research method used in this study is Research and Development, following Brog and Gall's research model. The subjects of the study were 26 students in Grade VII at MTs. Negeri Sumberbaru, Jember. The research findings are as follows: Firstly, based on the content expert's assessment of the performance assessment, 68.81% of the assessment items obtained a score of 3, while the remaining 32.19% obtained scores below 3. Therefore, it can be concluded that this assessment can be implemented for 35.45% of the items. The performance assessment guide received a score of 4, with 64.55% of the items obtaining a score of 3. Based on the teacher's evaluation, out of the 22 assessment items in the performance assessment guide, approximately 12.12% received a score of 4, 54.55% received a score of 3, and 33.33% received a score of 2. No one chose a score of 1. In the field evaluation, approximately 81.28% of the students responded positively to the performance assessment guide items. Approximately 10.76% of the responses indicated a lack of agreement, with around 3 answers out of 20 questions. Approximately 7.96% of the students disagreed with the assessment model. These findings indicate that students have a positive response to the applied evaluation model.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model penilaian pengajaran dan pembelajaran keterampilan berbicara di kelas VII MTs. Negeri, Sumberbaru, Jember. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development dengan model penelitian Brog and Gall. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VII berjumlah 26 siswa di sekolah MTs. Negeri Sumberbaru, Jember. Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut. Pertama, berdasarkan penilaian ahli konten terhadap kinerja penilaian yang mendapatkan skor 3 adalah 68,81%, sisanya mendapatkan skor 32,19%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penilaian ini dapat diterapkan sebesar 35,45% item, panduan penilaian kinerja mendapatkan skor 4, yang mendapatkan skor 3 adalah 64,55%. Berdasarkan tes guru, dari 22 item penilaian untuk panduan penilaian kinerja 12,12 %, item panduan penilaian kinerja mendapat skor 4. Sedangkan yang memilih skor 3 adalah 54,55 %, sedangkan yang memilih skor 2 mencapai 33,33%. Untuk skor 1 tidak ada yang memilih. Evaluasi Lapangan, Dari item penilaian untuk panduan penilaian kinerja 81,28% siswa yang merespon dengan pernyataan setuju. Sedangkan yang kurang setuju sekitar 3 jawaban dari 20 nomer pertanyaan atau sekitar 10,76% sedangkan siswa yang tidak setuju sekitar 7,96%. Dengan demikian instrumen keterampilan berbicara memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.
Keywords
References
Agustina, Merda, Pujiati Pujiati, dan Ryzal Perdana. 2022. “Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4): 6900–6910.
Anisa Fatwa Sari. 2015. “Pengembangan Keterampilan Berbahasa Calon Guru Matematika.” Riset Pendidikan 1(1): 65–72.
Arni Rahayuni, Ni Putu, I G A Agung Sri Asri, dan Ni Wayan Suniasih. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn Siswa Kelas Iv.” Mimbar Ilmu 23(1): 60–67.
Assidik, G K. 2015. “Model Ikol: Inovasi Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa.” : 83–89. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/6383%0Ahttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6383/GallantKaruniaAssidik.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Bukian, Putu Ardana. 2017. “Pengembangan Instrumen Penilaian kinerja keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal IKA 15(2): 133–45.
Damayanti, Alvina, Riga Zahara Nurani, dan Hatmat Heris Mahendra. 2023. “Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas Iii Sd Negeri Cidadap.” 1(3).
Eriyanti, Ribut Wahyu. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Interaktif Bagi Mahasiswa.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 3(1): 98.
Faisal, A. H., Zuriyati, Nf., & Leiliyanti, E. (2020). Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa Sma. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 1. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p1-18
Floryantini, Kt Novi, Dw. Nyoman Sudana, dan Md. Sumantri. 2019. “Pengaruh Model Sfae Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V.” Mimbar Ilmu 24(1): 114.
Khasanah, Uswatun. 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Kooperatif IOC (Inside, Outside, Circle).”
Kusnandar. 2018. “Inovasi Pembelajaran Berbasis Tik Di.” Jurnal Teknologi Pendidikan 06(02): 177–98.
Kusumastuti, Ningsih. 2019. “Keefektifan penilaian autentik untuk menilai keterampilan berbicara siswa sekolah menengah atas The effectiveness of authentic assessment in learning speaking skill for students of high school.” 1(1): 46–58.
Kuswari, Usep. 2020. “Pendidikan Dan Pelatihan Model Penilaian Keterampilan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 1–15.
Manikowati, NFn, dan Dody Iskandar. 2018. “Pengembangan Model Mobile Virtual Laboratorium Untuk Pembelajaran Praktikum Siswa Sma.” Jurnal Kwangsan 6(1): 23.
Maria Ulfah, Siti, dan M. Arief Budiman. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara.” Journal for Lesson and Learning Studies 2(1): 83–91.
Marjuki, Marjuki, Djemari Mardapi, dan Badrun Kartowagiran. 2018. “Pengembangan model akreditasi sekolah menengah atas /madrasah aliyah (SMA/MA).” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 22(1): 105.
Maulidiyah, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Telegram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 75. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n1.p75--88
Multazam, Ahmad. 2016. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray.”
Mulyo, Sri, Mohammad Ilyas, dan Ahmad Ridhani. 2019. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode Field Trip pada Peserta Didik Kelas IX SMP Samarinda.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 2(2): 115–26.
Mustaji, NFN. 2015. “PEMBERDAYAAN MAHASISWA UNTUK BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN KOLABORATIF MELALuI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOLABORASI.” Jurnal Kwangsan 3(1): 59.
Nanang Triasmosari, Herpratiwi, M. Sukirian. 2016. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Permainan Komunikatif Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Metro.” (1): 1–23.
Ninawati, Mimin, Nur Wahyuni, dan Rahmiati Rahmiati. 2022. “Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(3): 893–98.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. “Pengembangan Model Asesmen Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 3(3): 224–37.
Paryono, Y. (2017). Pengembangan Bahan Belajar Kosakata Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila Di Facebook. Jurnal Kwangsan, 5(2), 13. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v5i2.45
Parmini, N. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Gugus Iii Kecamatan …. 2(1). https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5813
Peran, B., Anak, P., & Tahun, U. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 50–57.
Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i2.1648
Rahmawati, Laili Etika, dan Nuraini Fatimah. 2015. “Pengembangan Model Penilaian Autentik Kompetensi Berbicara.” Jurnal VARIDIKA 26(1): 1–10.
Rahmawati, L. E., & Fatimah, N. (2015). Pengembangan Model Penilaian Autentik Kompetensi Berbicara. Jurnal VARIDIKA, 26(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i1.727
Sanjaya, I Putu Sugiartha. 2017. “Pengaruh Rasa Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Minat Berperilaku (Behavioral Intention) Para Mahasiswa Dan Mahasiswi Dalam Penggunaan Internet.” Kinerja 9(2): 113–22.
Sanjaya, M. D., & Inawati. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 104–118. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index
Sukreni, Ni Nyoman, Ni Nyoman Ganing, dan Made Putra. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD.” MIMBAR PGSD Undiksha 2(1).
Sumarti, Sunarti Iing, dan Sofia Agustina Eka. 2017. “Lintas Budaya (Interkultural) dalam Pembelajaran Berbicara Bagi Peserta BIPA Darmasiswa di Universitas Lampung.” Konferensi Internasional Penataran BIPA (KIPBIPA) XI: 357–70. http://kipbipa.appbipa.or.id/unduh/prosiding_kipbipa11/17 Sumarti.pdf.
Tajuddin, Shafruddin. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 29(2): 200–215.
Ummah, Nur Azimatul, Syamsul Ghufron, Suharmono Kasiyun, dan Dewi Widiana Rahayu. 2020. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar.” Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra 12(2): 120–28.
Wahyono, Hari. 2017. “Penilaian Kemampuan Berbicara di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Wujud Aktualisasi Prinsip-Prinsip Penilaian.” 15(1): 165–75. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf.
Wahyuni, Sri. 2013. “Pengembangan Model Asesmen Otentik Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Lisan Di Sekolah Menengah Atas (Sma).” Litera 9(1).
Wahyuni, S. (2013). Pengembangan Model Asesmen Otentik Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Lisan Di Sekolah Menengah Atas (Sma). Litera, 9(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v9i1.1218
Widiyarti, G. 2022. “Pengembangan Model Asesmen Autentik Keterampilan Berbicara Peserta Didik Sekolah Dasar Di Kota Medan.” : 2022. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46756%0Ahttp://digilib.unimed.ac.id/46756/8/9. NIM. 8176184001 BAB 1.pdf.
Widoyoko, Eko Putro. 2019. “Evaluasi Program Pembelajaran.”
Wiwik Antari, Ni Made, Ni Wayan Arini, dan Made Sumantri. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 3(3): 174.
Yuni Farluna Abas, Zaki Al Fuad, Aprian Subhananto. 2021. “Pengembangan Prangkat Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berbasis (LGTC).” 12(2): 40–41.
Yuniawan, Tommi. 2014. “Performance Evaluation Model in The Teaching and Learning of Reading Culture Loving Character Education-Based Narrative Texts.” Jurnal Pendidikan karakter IV(1): 61–72.
Bukian, P. A. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian kinerja keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal IKA, 15(2), 133–145.
Faisal, A. H., Zuriyati, Nf., & Leiliyanti, E. (2020). Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa Sma. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 1. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p1-18
Maulidiyah, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Telegram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 75. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n1.p75--88
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Roni Subhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id