LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY BERBASIS TIK

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p486--496

Bramastia Bramastia(1*), Ida Trisnawati(2)
(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 1944 | PDF downloaded : 1226

Abstract

In the era of globalization, education has an important role for a nation and state in the face of advances in science and technology. One effort that can be done is to integrate information and communication technology-based learning. This study aims to determine the improvement of learning outcomes by applying the ICT-Based Discovery Inquiry learning model. The research method used is a qualitative description method by collecting literature study data, reading and recording research materials. The type of data used is secondary data in the form of research articles from previous studies. The data obtained were compiled, analyzed, and opened so as to obtain conclusions about ICT-Based Discovery Inquiry learning. Based on the results of the literature study that has been done, it can be said that student learning outcomes treated with ICT-based discovery inquiry learning models have a significant effect on student learning outcomes. Empirical data show that an increase in student activity has a significant effect on learning outcomes which include mastery of concepts, affective, and psychomotor.


Abstrak

Di era globalisasi pendidikan memiliki peran penting bagi suatu bangsa dan negara dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengintegrasikan pembelajaran yang berbasis teknologi infomasi dan komunikasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis TIK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif dengan mengumpulkan data studi pustaka, membaca dan mencatat bahan penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa artikel lmiah dari penelitian-penelitian sebelumya. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis TIK. Berdasarkan hasil penelitian study literature yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran discovery inquiry berbasis TIK berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa atau mahasiswa. Data empirik menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas siswa atau mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar yang meliputi penguasaan konsep, afektif, dan psikomotor.

Keywords

learning model; discovery inquiry; ICT; model pembelajaran; discovery inquiry; TIK
--

Full Text:

PDF ***

References

Asy’ari. (2021). Pembelajaran Discovery Berbasis TIK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. 2, 24–33.

Departemen Pendidikan Nasional.(2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sesuai Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Nafisa, D., & Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma, 2, 854–861.

Nirwana, H., & Pd, M. (2013). Penggunaan Model Inquiry Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Sejarah Fisika Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fkip Univeristas Bengkulu. 381–386.

Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat Berbasis RME Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 171-177. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/62

Sudjana, Nana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosda Kary

Widayati, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiri Berbasis Google Workspace for Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 216–223. https://pusdig.my.id/literasi/article/view/58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bramastia, Ida Trisnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats