E-MODUL BERBASIS ANDROID “KITKAT VERSI 4.4” UNTUK MEMFASILITASI ASYNCHRONOUS LEARNING MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DI TERNATE
Teguh Wibowo(1*), Ageng Triyono(2), Rusmin R. M. Saleh(3), Rusdyi Habsyi(4), Riawan Yudi Purwoko(5)
(1) Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
(2) Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kusumanegara Jakarta Timur
(3) Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kie Raha Ternate
(4) Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kie Raha Ternate
(5) Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 2007 | PDF downloaded : 153
Abstract
Learning in asynchronous learning in introductory basic mathematics courses in Ternate is hampered by unstable internet conditions. These conditions require the existence of electronic teaching materials that can be accessed when conditions without the internet. So this study aims to develop electronic teaching materials in the form of e-modules that meet valid and practical criteria as an alternative solution to the constraints experienced during the asynchronous learning process in introductory basic mathematics courses. This goal will be achieved through the Research and Development (R&D) method which is carried out following the stages of the ADDIE model. The research subjects involved consisted of 1 instrument expert, 2 material experts, 2 learning technology experts, 1 IT expert, and 11 Mathematics Education students at STKIP Kie Raha-Ternate. Research data were collected using instruments in the form of material validation sheets, media validation sheets, and practicality response questionnaires. The data obtained was analyzed for its validity from the material aspect, media aspect, and practicality aspect. Based on the results of data analysis, it can be shown that the developed e-module has met the valid criteria from the media aspect and the material aspect. In addition, e-modules are also practical when implemented using the asynchronous learning method. So it can be concluded that the research conducted has achieved the stated objectives.
Abstrak
Pembelajaran pada mata kuliah pengantar dasar matematika secara asynchronous learning di Ternate terhambat oleh kondisi internet yang tidak stabil. Kondisi tersebut menuntut adanya bahan ajar elektronik yang dapat diakses ketika kondisi tanpa internet. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik berupa e-modul yang memenuhi kriteria valid dan praktis sebagai alternatif solusi terhadap kendala yang dialami selama proses asynchronous learning pada mata kuliah pengantar dasar matematika. Tujuan tersebut akan dicapai melalui metode Research and Development (R&D) yang dikerjakan mengikuti tahapan model ADDIE. Subjek penelitian yang terlibat terdiri dari 1 orang ahli instrumen, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli teknologi pembelajaran, 1 orang ahli IT, dan 11 mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Kie Raha-Ternate. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen berupa lembar validasi materi, lembar validasi media, dan angket respon kepraktisan. Data yang diperoleh dianalisis validitasnya dari aspek materi, aspek media, dan aspek kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dari aspek media dan aspek materi. Selain itu e-modul juga praktis jika diterapkan menggunakan metode asyncrhonous learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan telah mencapai tujuan yang ditetapkan.
Keywords
References
Aeni, N. (2021). Pandemi covid-19: Dampak kesehatan, ekonomi, & sosial. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 17(1), 17–34. https://doi.org/10.33658/jl.v17i1.249
Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4154
Amalia, I., & Sujatmiko, B. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN FLIPBOOK BERBASIS PJBL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2D DAN 3D KELAS XI MULTIMEDIA (STUDI KASUS: SMKN 2 SINGOSARI). IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 92–99. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/50147
Amiti, F. (2020).Synchronous and asynchronous E-learning. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2). http://dx.doi.org/10.46827/ejoe.v5i2.3313
Anggraeni, L. (2019). Design Of Mathematics Module Based On Guided Discovery To Train Student Creativity. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 8(11). www.ijstr.org
Ashfahani, A. (2016). Peningkatan Pemahaman Materi AutoCad Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul Bergambar Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Jurusan Teknik Gambar Bangunan. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(8), 345–359. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/5540
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-modul interaktif berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035
Dewi, Z. R. (2019). Penataaan Guru Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri di Provinsi Jawa Timur. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/28420
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.
Hadi, R. I., Suhirwan, S., & Simatupang, H. (2018). Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Studi Kasus Kompetensi Tenaga Pendidik di Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan Kalijati Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Pertahanan TNI AU Tahun 2017). Strategi Pertahanan Udara, 4(3). https://doi.org/10.33172/jspu.v4i3.339
Hasim, R., Rajaloa, N. I., & Yusuf, M. (2018). Manajemen Sumberdaya Manusia Tenaga Pendidik Oleh Dinas Pendidikan Kota Ternate. Humano: Jurnal Penelitian, 8(2), 123–136. http://dx.doi.org/10.33387/hjp.v8i2.585
Herdiawan, R. M. L., Triyono, A., & Wibowo, T. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS TUJUH SMP ISLAM AL AZHAR YOGYAKARTA. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27383
Iglesias-Pradas, S., Hernández-García, Á., Chaparro-Peláez, J., & Prieto, J. L. (2021). Emergency remote teaching and students’ academic performance in higher education during the COVID-19 pandemic: A case study. Computers in Human Behavior, 119, 106713. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106713
Jamaluddin, M. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Sistem Evaluasi Pembelajaran Matematika. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 57–63. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/296
Kurniati, A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis kontekstual terintegrasi ilmu keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29–36. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332
Likert, R. (1932). A technique for the measurement of attitudes. Archives of Psychology.
Lim, F. P. (2017). An analysis of synchronous and asynchronous communication tools in e-learning. Advanced Science and Technology Letters, 143(46), 230–234. https://www.researchgate.net/profile/Francis-Lim-3/publication/313673458_An_Analysis_of_Synchronous_and_Asynchronous_Communication_Tools_in_e-Learning/links/5c441688299bf12be3d55625/An-Analysis-of-Synchronous-and-Asynchronous-Communication-Tools-in-e-Learning.pdf
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16–19. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.788
McCormack, A., Gore, J., & Thomas, K. (2006). Early career teacher professional learning. Asia‐Pacific Journal of Teacher Education, 34(1), 95–113. https://doi.org/10.1080/13598660500480282
Minan, D. A., & Ekohariadi, E. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS MOBILE GLIDEAPPS PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN KELAS X DKV SMK NEGERI 1 CERME GRESIK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 36–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/49048
Molenda, M. (2015). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 54(2), 40–42. doi: 10.1002/pfi.4930420508 Ika, M. (2014). Strategi Rekrutmen Guru Di Man Insan Cendekia Serpong. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24818
Iriawan. (2012). Membuat aplikasi android untuk orang awam. Palembang: Maxikom
Rajaloa, N. I., & Hasyim, R. (2018). Manajemen Perencanaan dan Rekrutmen Tenaga Pendidik Oleh Dinas Pendidikan Kota Ternate. Edukasi, 16(1). https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu
Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.
Safaat, N. (2015). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
Saleh, R. R. M. (2020). Analysis and design module based on PJBL to improve mathematical communication skills. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(7), 493–501.
Saleh, R. R. M., & Triyono, A. (2022). Implementasi E-Modul Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Kusuma Negara. JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika, 3(1), 23–33. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jimat/article/view/328
Saud, U. S. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung. Alfabeta.
Setiawan, A. H., Suparman, S., Suhendar, A., Machmud, T., Abbas, S., & Pamuti, P. (2020). Analysis and Design of Modules to Generate Students’ Mathematical Communication Skills through Problem Based Learning Models. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7572–7582. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082543
Setiawan, Y. E. (2020). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Rekrutmen Guru Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss2pp253-266
Sholeh, A. N., & Prapanca, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI INFOGRAFIS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI KELAS XI MULTIMEDIA DI SMKN 1 DRIYOREJO. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 17–25. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/50702
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kombinasi... - Google Scholar. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Sugiyono%2C+P.+D.+%282014%29.+Metode+Penelitian+Kombinasi+%28Mixed+Methods%29%28Sutopo.+Alfabeta%2C+CV%29.&btnG=
Sukmadinata, S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Cet. III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa SMA kelas X dalam memahami materi peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973
Triyono, A. (2019). Inquiry-Based Worksheet Design To Improve Critical Thinking Of Students In Indonesia. Int. J. Sci. Technol. Res, 8, 1183–1187. https://www.ijstr.org/final-print/oct2019/Inquiry-based-Worksheet-Design-To-Improve-Critical-Thinking-Of-Students-In-Indonesia.pdf
Triyono, A., Charitas, R., Prahmana, I., Wibowo, T., & Kusuma, A. P. (2022). Developing Inquiry-Based Worksheet to Explore The Mathematics Critical Thinking for Seventh Grader Students. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 10–19. https://doi.org/10.26486/JM.V6I2.2363
Utomo, E. P. (2012). From Newbie to Advanced Mudahnya Membuat Aplikasi Android. Edisi I: Yogyakarta. CV Andi Offset, 1–2.
Van der Heijden, H., Geldens, J. J. M., Beijaard, D., & Popeijus, H. L. (2015). Characteristics of teachers as change agents. Teachers and Teaching, 21(6), 681–699. https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1044328
Yusdikasari, V. (2015). Rekrutmen dan Seleksi Guru di SMP PGRI 1 Bekasi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). http://repository.unj.ac.id/29805/1/SKRIPSI%20VIVI%20YUSDIKASARI%201445115201.pdf
Wahyudi, I. (2012). Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. jakarta: PT Prestasi Pustakatya.
Watts, L. (2016). Synchronous and asynchronous communication in distance learning: A review of the literature. Quarterly Review of Distance Education, 17(1), 23. https://www.proquest.com/openview/f83c30d3f7e7d1cd69754d1fa52eaff5/1?pq-origsite=gscholar&cbl=29705
Wibisono, A., & Menarianti, I. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI SMARTPHONE ASSISTED TEST BERBASIS ANDROID KITKAT 4.4. 4.
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Teguh Wibowo, Ageng Triyono, Rusmin R. M. Saleh, Riawan Yudi Purwoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id